Sudah pernah melihat floating shelves dan floating staircase? Konsep tersebut ternyata tidak hanya diterapkan untuk kedua hal itu saja. Konsep “melayang” atau floating ini pun bisa diaplikasikan pada furnitur, salah satunya meja. Floating table atau floating desk jelas menjadi pilihan yang menarik, terutama untuk rumah dengan luas terbatas.
Kenapa demikian? Karena meja tanpa kaki bisa menciptakan kesan airy dalam ruang, membuat ruang terasa lebih lega dan tentunya menambah space di area bawah meja. Selain itu, tidak dibutuhkan banyak ruang untuk meletakkan meja tersebut karena biasanya meja hanya dilekatkan atau dipasang menempel di salah satu sisi dinding. Menerapkan floatingtable juga dapat mendukung tampilan interior karena desainnya umumnya simple dan modern.
Bila bingung dengan floating table, tampilan meja tersebut tidak jauh berbeda denganfloating shelves. Karena itu pula, banyak yang mendesain floating table bersamaan denganfloating shelvesFloating table berbentuk panjang lurus, perbedaannya terletak pada penempatan. Floating table diletakkan agak ke bawah, menyesuaikan dengan ketinggian tubuh saat duduk.
Selain menempel di dinding, ada banyak trik yang bisa diterapkan untuk menciptakan kesan “melayang” pada meja. Misalnya, papan meja tersebut digantung di plafon. Cara ini tentu mengharuskan material yang kuat untuk menggantung dan menahan beban papan meja tersebut. Selain itu, kekuatan plafon pun harus terjamin.


Cara lain ialah dengan mengubah material kaki meja. Bila yang sering terlihat ialah meja terbuat dari satu jenis material, seperti kayu, kini material tersebut digabungkan dengan bahan lain. Salah satu material yang cocok untuk menciptakan ilusi melayang ialah kaca. Dengan menggunakan kaca sebagai kaki meja, meja tersebut dapat terlihat seolah “melayang”.
sumber : majalah asri