Paparan sinar matahari dan perubahan cuaca dapat mempercepat kerusakan cat dinding luar rumah Anda. Kerusakan yang ditimbulkan antara lain dari pudarnya cat, keretakan, mengelupas dan munculnya jamur. Untuk menghindari hal itu, agar cat eksterior rumah Anda tahan lama, perhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih Cat Eksterior Berkualitas Baik

Cat umumnya terbagi menjadi dua jenis, yakni cat interior dan eksterior. Cat eksterior diformulasikan khusus untuk melindungi tembok dari terpaan sinar matahari, hujan, dan perubahan suhu yang dapat membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan seperti dinding retak-retak. Cat berkualitas baik dapat mengikat partikel warna agar warna tidak cepat pudar dan dapat bertahan hingga empat tahun. Pastikan tidak ada kebocoran pada kaleng cat yang dibeli.

Pastikan Keterangan Weather Resistance

Untuk mengetahui cat Anda tahan terhadap cuaca, pastikan cat yang Anda beli mengandung keteranganweatherproof atau weather resistance. Dengan adanya keterangan ini cat dapat mencegah timbulnya flek-flek di dinding bagian dalam akibat rembesan air hujan.

Pengecatan Saat Cuaca Cerah

Sinar matahari berperan penting dalam proses pengeringan cat yang maksimal, karena itu sangat disarankan mengecat pada saat musim kemarau. Selain itu jika mengecat dinding yang permukaannya basah atau lembab, kualitas cat tidak terserap sempurna.

Pilih Warna Cerah

Untuk ekterior, warna cerah lebih disarankan untuk dipakai. Warna cerah memiliki pigmen warna lebih sedikit dari warna gelap, sehingga tingkat kepudarannya lebih sedikit dibandingkan warna yang pekat. “Warna gelap memang lebih menarik perhatian, khususnya jika ingin menonjolkan bagian detail arsitektur, tapi warna gelap lebih rentan pudar. Selain itu warna gelap juga lebih mudah menyerap panas. Warna organik seperti cokelat, beige dan warna bumi lainnya juga cenderung lebih stabil dan tidak mudah pudar.” papar Kate Smith, ahli warna dari perusahaan konsultan Sensational Color yang berbasis di Virginia Amerika Serikat.

Bersihkan Dinding yang Akan Dicat

Pastikan tidak ada kotoran dan noda yang menempel pada dinding yang akan dicat. Kotoran di dinding dapat membuat cat menempel kurang sempurna, sehingga dapat berisiko cepat mengelupas. Untuk dinding yang berlumut setelah dibersihkan, siram dengan air kaporit untuk membunuh benih-benih jamur. Cat jika dinding sudah benar-benar dalam keadaan kering.
sumber : majalah asri