Membeli furnitur bukan perkara yang murah. Terlebih lagi, tidak sedikit benda yang dibutuhkan agar rumah dan aktivitas di dalamnya terasa nyaman. Oleh sebab itu, furnitur yang dibeli haruslah dirawat sebaik mungkin agar dapat awet dan tahan lama. Namun, sebelumnya belilah benda dengan material dan kualitas produksi sebaik mungkin untuk meminimalkan risiko mengganti furnitur berkali-kali.
Selain itu, tentu saja lakukan perawatan dan perhatikan kebiasaan saat menggunakan furnitur tersebut. Sekalipun sepele, kebiasaan yang dilakukan dapat berdampak terhadap ketahanan dan lamanya furnitur bisa dipakai. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar furnitur di rumah bisa digunakan untuk waktu yang lama? Berikut tipsnya.
Menjaga Furnitur
1. Salah satu cara cepat untuk merusak furnitur ialah dengan terlalu sering memindahkannya. Apalagi, bila cara yang digunakan dengan mendorong atau menyeret. Bagian-bagian dari furnitur bisa saja mengendur atau bahkan terlepas yang akhirnya bisa merusak. Mendorong atau menyeret juga dapat memperburuk tekstur furnitur. Tindakan tersebut dapat berpengaruh pula pada permukaan lantai karena akan menimbulkan guratan. Bila terpaksa memindahkannya, angkat furnitur dan jika terlalu berat lakukan dengan bantuan orang lain atau profesional.
2. Perawatan merupakan bagian yang tak terpisahkan bila ingin furnitur di rumah awet. Selalu ingat, untuk menjaga kebersihan furnitur dari debu, noda, air, ataupun kotoran lain. Meskipun unsur-unsur ini terlihat tidak akan berpengaruh, dengan berjalannya waktu semua noda tersebut dapat merusak tekstur dan membuat furnitur terlihat kusam serta pudar. Bisa juga, lakukan pencegahan dengan mengalasi furnitur, misalnya meja, untuk mencegah gesekan atau kotoran menempel pada permukaannya.
Perhatikan pula pembersih yang digunakan. Ikutilah petunjuk yang diberikan tekait cara membersihkan dan bahan-bahan yang boleh digunakan saat pertama membeli furnitur. Selain itu, periksa bagian-bagian furnitur secara berkala untuk mencegah adanya kerusakan. Perkuat sekrup atau bagian lainnya agar furnitur selalu berada dalam kondisi terbaik.
Menjaga Furnitur
3. Terkena cahaya matahari secara terus menerus memiliki dampak yang tidak terlalu baik untuk furnitur di rumah. Kenapa? Hal ini karena sinar tersebut dapat memudarkan warna pelapis furnitur. Oleh sebab itu, letakkan furnitur di area yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Bila sulit untuk dilakukan, tutupi ruangan dengan tirai saat sinar matahari mencapai puncaknya atau setidaknya jangan biarkan furnitur terkena sinar dalam waktu yang lama. Beberapa jenis kaca, seperti kaca film juga ampuh menahan panas dan di saat bersamaan membuat ruangan tetap terang.


4. Lembab merupakan musuh utama bagi furnitur. Bila area lembab, gejala kerusakan furnitur dapat muncul lebih cepat dan jamur pun bisa bermunculan. Agar furnitur awet, letakkan furnitur di tempat yang kering dan sebisa mungkin hindarkan dari lingkungan yang lembab.
sumber : majalah asri