Desain plafon bisa sangat beragam, loh! Cara sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan mewarnainya berbeda dengan warna cat dinding ruangan. Bisa juga, menghiasnya dengan gambar atau lukisan mural yang sudah banyak dicoba orang. Namun, bila ingin sesuatu yang benar-benar berbeda, cobalah eksplorasi desain plafon. Ada banyak cara yang bisa dicoba, apa saja? Berikut di antaranya.

1. Memberi Bentuk

Atap tidak harus selalu polos dan rata. Sebaliknya, berbagai macam bentuk dan pola bisa diterapkan untuk mengeksplorasi tampilan plafon rumah. Dengan pola geometris atau herringbone, misalnya, ruangan pasti akan lebih unik dan menarik. Plafon pun menjadi area yang dapat memukau orang saat melihatnya.

2. Menggunakan Material Berbeda



Menggunakan material yang tidak umum jelas akan mudah menarik perhatian orang. Tidak hanya itu, ruangan juga dapat tampil berbeda dan lebih segar. Ada banyak material baru yang bisa dicoba, seperti kaca, metal, atau melapisi plafon dengan keramik. Masih banyak bahan lain yang bisa digunakan, cobalah dan bawa suasana baru ke dalam ruangan.

3. Memberi Kedalaman


Plafon rumah barangkali dengan bentuk dan material yang biasa, tapi tambahkan sesuatu yang berbeda, yakni berilah kedalaman pada beberapa sisi plafon. Bisa juga, desain plafon dengan cara up ceiling atau drop ceiling. Beri pencahayaan, seperti indirect lighting, tampilan plafon dalam ruangan pasti dapat atraktif dan menjadi nilai tambah bagi interior rumah.
Foto: freshome
sumber : majalah asri