Lemon banyak tersisa sesudah Anda memasak? Gunakan saja untuk menangani masalah seputar rumah. Tak percaya? Lemon, yang dikenal sebagai salah satu bahan untuk memasak, ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk perawatan kecantikan atau kesehatan, lemon juga dapat berguna untuk mengatasi gangguan di rumah. Beberapa masalah yang sering terjadi di bawah ini, misalnya, dapat diselesaikan dengan tumbuhan dengan nama ilmiah Citrus x limon ini.

Menghilangkan Bau

Tentunya, aktivitas memasak menyebabkan banyak bau yang tidak sedap. Letakkan beberapa irisan kulit lemon di tempat yang diinginkan untuk menyerap dan menetralkan aroma tersebut. Bisa juga, memasak kulit lemon dalam panci air untuk memberikan aroma segar di rumah.

Mengatasi Noda

Kini, banyak elemen furnitur yang terbuat dari tembaga dan stainless steel. Bila bagian tersebut terkena noda atau kerak, jangan khawatir karena lemon dapat membantu untuk mengangkatnya. Campurkan garam, air perasan lemon, dan baking soda lalu terapkan pada bagian furnitur selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan segera keringkan menggunakan lap. Menggosokkan potongan lemon pada permukaanstainless steel, juga bisa menghilangkan sidik jari dan kotoran ringan. Furnitur pun dapat tampil bersih dan mengilap.

Mengusir Serangga

Binatang-binatang pengganggu, seperti semut atau kecoa pastinya sudah sering ditemui di rumah. Cukup tempatkan kulit lemon di bagian rumah yang sering dilalui binatang-binatang tersebut. Entah itu, di jendela atau lubang-lubang kecil, aroma dan rasa yang kuat dari lemon dapat mengusir mereka.
Selain dengan cara itu, memeras air lemon lalu menyemprotkannya dapat pula dilakukan untuk menjangkau tempat yang sulit. Menyemprotkan air lemon ke hama tanaman juga ampuh untuk membuat mereka pergi. Namun, gunakan dengan intensitas yang rendah agar tidak merusak tanaman.

Membersihkan Peralatan Masak

Bekas kopi, teh, atau minyak sisa makanan pada peralatan makan di rumah dapat dihilangkan dengan irisan lemon. Potong lemon dan taburi salah satu sisinya dengan garam lalu sapukan pada piring atau gelas. Talenan untuk memotong bahan masakan juga dapat dibersihkan dengan cara yang sama. Setelah selesai, bilas dengan air.
Lemon juga dapat melunakkan kerak atau sisa makanan di bagian dalam microwave. Caranya, masukkan perasan air lemon yang diletakkan dalam gelas atau mangkok. Kemudian, panaskan hingga beruap atau sekitar 15 menit. Uap itulah yang akan meluruhkan kotoran yang menempel. Keluarkan mangkuk atau cangkir lalu bersihkan.

Sumber : huffingtonpost