rumah dengan beton ekspos
Aplikasi beton ekspos kini tak hanya dapat ditemui pada interior bangunan komersial saja. Beton ekspos bahkan semakin banyak digunakan untuk mengisi elemen interior seperti lantai, dinding dan plafon pada hunian. Selain praktis dan murah, aplikasinya juga mampu menciptakan kesan unfinished sehingga cocok digunakan untuk hunian yang mengusung gaya desain industrial.
Seperti yang tampak pada interior sebuah hunian yang berlokasi di wilayah Cikarang berikut ini. Gaya desain modern yang mengadopsi sedikit sentuhan rustic diwujudkan melalui material beton ekspos yang tampak pada bidang dinding dan plafon di ruang makan.
Meskipun minim warna dan ornamen, tampilannya jauh dari kesan monoton. Sebab, ia menyiasatinya dengan memberikan aksen berupa garis-garis horizontal pada permukaan dinding pembatas antara pantri dan ruang makan. Finishing permukaan dinding pun sengaja dibuat “kasar” demi menonjolkan kesan rustic sekaligus menjadi pattern yang menarik pada tampilan dinding.
Senada dengan dinding, plafon pun tak biarkan polos. Arsitek mengisi bidang kosong tersebut dengan aksen berupa gipsum yang dibentuk menyerupai pola geometris yang lantas diberi finishing duco warna putih. Aksen ini diletakkan tepat di bagian tengah plafon untuk menutupi rangkaian kabel lampu gantung yang terletak di atas meja makan. Walaupun terlihat sederhana, gipsum tersebut dapat menjadi focal point dalam ruangan.
Kesan kuat dan keras yang dibawa oleh beton ini kemudian dilembutkan oleh bukaan, seperti jendela. Jendela lebar yang dihadirkan mampu memberi kesan lapang dan meluaskan view penghuni rumah ke arah taman. Dengan demikian, ruangan terasa lebih hidup dan seimbang.