Bingung bagaimana cara mengakali kontur tanah yang tidak rata? Buat split level saja! Ya, membuat perbedaan ketinggian pada lantai atau disebut split level merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyiasati kontur tanah yang tidak rata. Selain itu, rumah bergaya split level juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan konsep rumah bertingkat biasa.
Pertama, pembagian zona ruang jadi terlihat lebih rapi tanpa membuat jeda atau jarak yang terlalu jauh. Misalnya, lantai paling bawah difungsikan sebagai foyer dan ruang tamu. Sementara setengah lantai berikutnya diolah menjadi ruang keluarga. Ketinggian setengah lantai tersebut memungkinkan pemilik untuk tetap bisa melihat aktivitas yang terjadi di ruang lain tanpa mengurangi privasi.
Dengan menerapkan konsep ini, Anda bisa merasakan pengalaman ruang yang berbeda di tiap lantai, sehingga perjalanan menuju lantai teratas pun tak akan membosankan. Untuk memaksimalkan lahan, olah area bordes pada tangga dengan menempatkan rak display atau ubah menjadi sudut baca jika area bordes cukup luas.
Selain itu, sirkulasi udara di dalam rumah pun lebih terjaga, sebab ketinggian lantai yang berbeda membuat udara bisa bergerak dengan bebas ke arah atas.
Nah, jika Anda memiliki balita atau orangtua di rumah, jaga keamanannya dengan memasang pegangan (railing) pada tangga. Kemudian beri dinding pembatas transparan berupa kaca tempered di tiap lantai untuk menjaga keamanan namun tidak membuat ruang terasa sempit.