Meski sudah menjaga kebersihan rumah, tikus bisa saja tetap bandel dan masuk ke dalam rumah Anda. Binatang pengerat ini bisa hidup tidak hanya di atap, loteng atau gudang rumah Anda, tapi yang mengerikan jika ia masuk ke dalam lemari dan merusak pakaian-pakaian kesayangan, Anda. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Deteksi Terlebih Dahulu

Bagaimana mengetahui ada tikus di rumah Anda? Kenali dulu tanda-tandanya. Mereka biasanya meninggalkan bau yang tidak sedap. Anda juga dapat mendeteksinya dari serpihan-serpihan benda yang digerogoti. Misalnya pinggiran pintu atau lemari. Mereka juga meninggalkan kotoran yang mudah dikenali. Yang perlu Anda perhatikan juga kabel-kabel benda elektronik di rumah Anda seperti kabel televisi, atau setrikaan. Bahaya sekali jika Anda menggunakan peralatan dengan kabel yang sudah terkelupas karena digigit tikus.

Tanaman Mint

Tanamlah mint di dalam pot atau pekarangan rumah Anda. Umumnya tikus benci aroma mint. Anda bisa juga menaruh daun mint di dekat jalur yang biasanya sering dilewati tikus. Anda bisa mendeteksi jalur yang dilewatinya melalui jejak yang ia tinggalkan.

Gunakan Perangkap

Perangkap merupakan salah satu cara yang cukup manusiawi untuk mengusir tikus tanpa harus membunuhnya. Setelah tikus terperangkap buang jauh-jauh dari rumah Anda.

Pelihara Kucing

Kucing merupakan predator alami untuk menangkap tikus. Biasanya tikus-tikus akan takut masuk ke rumah yang ada kucingnya.

Racun Tikus

Jika berbagai cara sudah Anda coba tidak berhasil dan ternyata tikus di rumah Anda cukup ganas melakukan perusakan, Anda bisa mencoba menggunakan bahan kimia untuk meracunnya. Memang ada risiko lainnya, terlebih jika tikus yang terkena racun mati di dalam rumah, Anda akan sangat kerepotan membersihkannya. Apalagi jika racun ini termakan oleh binatang lain, seperti misalnya kucing, ini tentu akan membahayakan mereka. Anda perlu sangat hati-hati meletakkannya.

Pencegahan

Pencegahan menjadi poin yang penting dan paling mudah. Perbaiki lubang-lubang di dinding rumah atau atap Anda yang menjadi tempat keluar masuknya hewan ini. Periksa juga lantai, terutama jika Anda menggunakan lantai kayu, jika ada yang tampak berlubang segera perbaiki. Rapikan isi lemari Anda, buang barang-barang yang tidak terpakai di rumah untuk menghindari hewan ini bersarang. Tutup juga celah pipa pembuangan air di rumah Anda, seringkali celah itu menjadi jalur keluar-masuknya tikus. Jangan pernah taruh makanan di meja makan yang terbuka. Usahakan tidak ada remah-remah makanan yang berceceran di rumah Anda.
sumber : majalah asri