Di tengah cuaca terik saat kemarau, memang menggunakan pendingin ruangan atau AC (air conditioner) menjadi sebuah hal yang dapat menjadi solusi. Namun, Anda perlu bijak menggunakan alat elektronik yang satu ini, karena AC dapat menyedot sekitar 50 % penggunaan listrik di rumah. Dengan menggunakan AC secara bijak, Anda tidak hanya listrik dan biaya tapi juga membuat AC Anda tahan lama dan membantu agar listrik di rumah Anda tidak padam mendadak karena beban yang terlalu berat. Berikut tips menghemat penggunaan AC.

Pilih AC Hemat Energi

AC yang hemat energi tentu akan membantu Anda menghemat listrik. Selain hemat energi sesuaikan juga dengan besar ruangan. Pilih kapasitas atau PK dengan tepat. Jangan membeli AC dengan kapasitas yang lebih besar dari kebutuhan.
 

Gunakan Timer

AC yang menyala semalaman akan membuat badan Anda merasa tidak enak ketika bangun di pagi hari.Timer membantu Anda untuk memakai AC agar sesusai dengan kebutuhan sehingga AC tidak perlu menyala sepanjang Anda tidur.
Hidupkan AC beberapa saat sebelum tidur, atur waktu otomatis pada timer. Ketika AC mati, ruangan akan tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Selalu matikan AC jika ruangan tidak dipakai lagi untuk waktu yang lama.
 

Atur Pemakaian Suhu

Ketika baru menyalakan AC, jangan langsung menurunkan suhunya secara drastis. Setiap suhu yang diturunkan bisa meningkatkan tambahan penggunaan listrik sebesar 6%. Cukup atur suhu sekitar 25 derajat celcius. Ketika Anda menurunkan suhunya drastis berarti Anda memaksimalkan kerja AC yang akan membebani daya listrik rumah Anda. Semakin rendah suhu, semakin banyak energi listrik yang digunakan.

Jaga Ruangan Tetap Tertutup

Tutup pintu, jendela dan ventilasi udara lainnya. Hal ini dilakukan agar udara panas dari luar tidak masuk ke dalam ruangan, dan sebaliknya membuat udara sejuk di dalam tidak terbuang ke luar. Jika ini terjadi ruangan Anda akan tetap terasa panas, dan AC akan lebih lama dan lebih berat lagi bekerjanya. Tempatkan AC berjauhan dengan sinar matahari langsung agar efek pendingin tidak berkurang.

Bersihkan Filter AC Secara Teratur

Paling tidak sebulan sekali bersihkan filter AC Anda. Dengan memelihara AC secara rutin, Anda mampu menghemat listrik sampai dengan 20%. Debu yang menumpuk mengganggu sirkulasi udara sehingga dapat menyebabkan AC mengonsumsi listrik lebih banyak.
sumber : majalah asri