Memiliki rumah mungil, sulit untuk mendekorasi ruang agar terlihat luas. Lalu bagaimana jika memiliki rumah luas? Belum tentu lebih mudah. Menata rumah yang besar, sama sulitnya dengan mengolah rumah dengan lahan terbatas. Jika tak benar, ruangan mungkin akan terlihat kosong atau menyerupai showroom.
Ruang yang terlihat kosong sebenarnya dapat “diisi” agar rumah tak lagi terlihat sepi sekaligus membuatnya terlihat lebih menarik. Anda tak harus mendesain ulang, cukup dengan hiasi ruangan dengan barang-barang ini. Tak ada salahnya mencoba, apalagi jika ruangan dalam rumah bisa tampil lebih memikat.

Dinding

Dinding yang polos dapat memberi kesan kosong bagi yang melihatnya. Karena itu, hiasilah dinding rumah. Namun, Anda juga tak boleh berlebihan dalam mengisi dinding agar tak terlihat sumpek. Untuk dinding, Anda dapat menambahkan benda-benda, seperti cermin, lukisan, ambalan, foto, wall art, atau sticker wall.
Pilihlah cermin berukuran besar dengan frame dan gaya yang unik, tempatkan di bagian tengah dinding agar dapat menjadi daya tarik dalam ruangan tersebut. Begitu pun, bila Anda memilih lukisan atau wall art untuk menghiasi dinding. Sementara ambalan, isilah dengan hiasan unik yang sesuai dengan tema rumah. Meletakkan buku-buku juga merupakan pilihan menarik untuk diletakkan pada ambalan. Bila ingin menambahkan foto, gunakan bingkai berbagai ukuran agar pola dan susunannya dapat menarik perhatian.

Sudut Ruang

Dalam satu ruang, jika terdapat sudut yang lengang oleh furnitur atau benda-benda, Anda dapat menghiasnya. Misalnya, dengan menambahkan standing lamp, gantungan berbentuk unik, atau pot-pot bunga dan tanaman. Bila ukurannya besar, cukup tambahkan satu jenis tanaman. Namun, jika Anda ingin mengisinya dengan pot-pot mungil, aturlah beberapa agar terlihat rapi dan cantik. Dengan adanya tanaman, ruangan menjadi terkesan  sejuk dan menambah warna dalam ruang.

Furnitur

Anda bisa memilih furnitur berwarna netral, seperti putih agar mudah dipadukan dengan berbagai warna. Hiasi furnitur dengan aksesori berwarna cerah, seperti cushions bermotif dengan tampilan atraktif atau karpet. Bisa juga, tambahkan aksesori pada meja, seperti bunga segar, asbak, makanan, atau patung-patung kecil. Apa pun bisa ditambahkan pada meja atau sofa, tapi sesuaikan dengan ukuran, bentuk, serta warna agar dapat menunjang tampilan ruang secara keseluruhan.
link jasa arsitektur
sumber : asri