Bagi banyak orang, banjir sudah menjadi rutinitas tahunan. Banyak yang menginginkan banjir tidak terulang lagi. Walaupun begitu, Anda tetap harus mengantisipasi apakah banjir akan terulang lagi di tahun depat atau tidak.
Ada beberapa hal yang harus Anda perbaiki setelah banjir melanda. Tujuannya, untuk memperbaiki bangunan Anda serta mencegah agar hal yang sama tidak terulang lagi.Berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

Kerusakan Dinding

Jika dinding Anda terkena banjir, Anda dapat membersihkan dengan semprotan air bertekanan tinggi. Setelah bersih, kerok permukaan lapisan cat yang mulai mengapur dan terkelupas. Kerok permukaan hingga bersih.

Bila terdapat jamur, lakukan pengecatan ulang. Kupas cat yang berjamur dan haluskan permukaan dinding dengan amplas. Pastikan dinding bersih dan kering sebelum dicat ulang.

Jangan lupa melapisi dinding dengan alkali killer sebelum pengecatan agar cat menempel sempurna.

Titik Elektrikal

Hal ini Anda lakukan untuk menghindari terjadinya sambungan pendek pada jaringan listrik Anda. Periksa apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Jika ada yang terbuka, perbaiki kabel tersebut.

Jika di kemudian hari terjadi banjir lagi, kemungkinan terjadi gangguan pada listrik akan berkurang.

Sedari awal, tempatkan pula barang-barang elektronik di tempat yang lebih tinggi. Hal ini akan memudahkan jika nantinya akan terjadi banjir lagi.

Saluran Pembuangan Air

Salah satu penyebab utama banjir adalah aliran air yang tidak lancer. Oleh karena itu, periksa kembali apakah saluran air Anda tersumbat atau tidak.

Ada baiknya pula posisi rumah Anda dibuat lebih tinggi daripada saluran drainase. Tujuannya, apabila ada genangan, air tidak akan masuk ke dalam rumah.



Link terkait :

Sumber : Majalah Asri