Menghadirkan taman di atas atap atau roof garden, tidaklah sulit asalkan Anda tahu bagaimana pengaplikasiannya dengan tepat. Pengaplikasian tersebut termasuk bagaimana cara membangun serta elemen-elemen penyusunnya.

Tanaman

Hal yang membuat roof garden menjadi indah adalah tanaman. Akan tetapi, tidak semua tanaman cocok ditempatkan di atas atap. Tanaman yang sesuai adalah tanaman yang tahan terhadap sinar matahari langsung.

Tanaman yang di atas atap tentu tekena sinar matahari secara langdung dan tiupan angin yang lebih kencang. Tanaman seperti kamboja jepang, dedaunan puring, bromeliad, dan calathea adalah beberapa tanaman yang sesuai.


Selain paparan sinar matahari, pertimbangkan juga angin dan penyiraman yang harus dilakukan lebih sering. Ingat pula bahwa akar tanaman serabut tidak cocok ditempatkan di roof garden. Akar tanaman tersebut akan merusak struktur atap.


Untuk media tanam, Anda harus menyediakan lahan dengan bentuk seperti kolam sedalam 30-40 cm. Hal ini berfungsi sebagai tempat media tanam. Anda dapat menggunakan tanah maupun ijuk.


Pengaliran Air

Dibalik setiap keindahan roof garden, ada satu hal yang sangat penting, aliran air atau drainase. Hal ini sangat penting karena tidak ada kontak langsung dengan permukaan tanah.

Jika air tidak mengalir dengan baik, akan terjadi genangan yang dapat merusak atap. Apakah hanya kebocoran? Tidak hanya itu. Air yang menggenang akan mengakibatkan kerusakan struktur karena harus menahan genangan air.


Jika hal ini terjadi, tidak hanya taman Anda yang harus dibongkar, struktur atap juga.


Oleh karena itu, pertimbangkanlah pemipaan dan pengaliran air secara matang sejak awal. Jangan lupa melapisi atap Anda dengan membran sebagai waterproofing yang dilapis oleh semen.


Oleh sebab itu apabila Anda memiliki impian memiliki taman di atap rumah, lebih baik dipikirkan sejak dini. Sehingga struktur di bagian atas rumahpun sudah disiapkan dengan baik. Alhasil, selain aman, Anda pun dapat menikmati keindahan hijau daun di rumah Anda.


Link terkait :

Jasa arsitek

Sumber : majalah asri