Bila di rumah ada banyak jendela atau bukaan, jangan hanya jadikan sebagai alat pertukaran udara. Manfaatkanlah sebagai tempat favorit dengan mendesain area di sekitarnya sebagai tempat duduk. Bisa juga, desain sedari awal dinding bagian depan agak menjorok ke luar sehingga dapat dibuat sebuah bench built in. Posisinya yang berdampingan dengan jendela, tentunya menjadikan area tersebut tempat yang tepat untuk bersantai.
Jendela dengan tempat duduk tersebut juga dapat dijadikan reading nook yang nyaman dengan ditambahkannya cushion dan alas duduk. Namun, banyak aktivitas bisa dilakukan di sini, seperti bekerja atau bahkan tidur. Sangat menyenangkan, bukan? Bila di Indonesia belum banyak menerapkan, rumah-rumah di luar negeri telah lama mengenal dan menerapkannya, bahkan dengan desain yang lebih modern.
Seperti salah satu rumah di Australia ini. Bagian di sekeliling jendela diubah menjadi window seat yang cozydan dapat menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Area duduk dibuat seolah menyatu dengan bingkai jendela yang melebar. Ruangan secara keseluruhan juga memberi kesan simple dan modern dengan perpaduan unsur kayu dan warna putih di dinding.
Apartemen di Korea Selatan ini juga memiliki window seat yang terlihat sangat nyaman. Desainnya pun terlihat sangat cantik dan eye catching. Area jendela tersebut dibuat agak menjorok atau maju ke luar, sementara bagian dalamnya dibuat sebagai area duduk. Bertambah menarik dengan adanya pencahayaan pada area tersebut. Window seat ini jelas membuat siapa pun betah menghabiskan waktu di sana.
Sementara rumah Australia lainnya yang menerapkan konsep ini, mendesain window seat agak rendah dan sangat dekat dengan laintai. Namun, hal tersebut justru menambah kesan area tersebut sebagai salah satu “sofa” rumah denga view terbaik. Dengan didesain rendah seperti ini, duduk pun menjadi lebih nyaman.
Rumah di Canberra, Australia yang satu ini memiliki ide lain dalam menghadirkan window seatWindow seattersebut dibuat menyatu dengan storage dan rak buku yang diletakkan tepat di samping jendela. Sederhananya, area duduk merupakan sisi atas salah satu storage. Ide menarik , bukan? Tidak perlu lagi menghabiskan tempat dengan menambah kursi, cukup storage dan reading nook pun tercipta.
Foto: contemporist
sumber : majalah asri