Membuat rak buku di rumah sama sekali bukanlah ide yang buruk. Selain dapat menyimpan buku, rak tersebut dapat menjadi area display, dan tentunya menambah ruang untuk menyimpan benda. Sekalipun Anda bukanlah seorang pecinta buku, rak tersebut masih dapat berguna untuk storage, bukan? Karena itu, manfaatkanlah secara maksimal. Seperti Apa? Anda dapat mendesain rak tersebut mengikuti ketinggian plafon. Hasilnya, sebuah rak tinggi dapat menghiasi ruangan. Jangan kira rak tersebut akan merusak tampilan ruang, rak tinggi tersebut justru dapat memberi kesan plafon yang tinggi dan membuat ruang tampil unik.
Bila menambahkan rak akan memakan banyak ruang, buat saja rak built in. Maksimalkan tingginya hingga ke plafon. Dengan begitu, tidak hanya tampilan yang menarik yang ruangan dapat, tetapi juga area menyimpan. Dinding pun tidak lagi terlihat kosong dan Anda tidak harus pusing memikirkan bagaimana harus mempercantiknya. Buku dan benda lain di rak-lah yang akan menjadi penghais ruangan.
Tidak harus selalu dengan bentuk yang memanjang ke atas, rak tinggi juga bisa dibuat secara horizontal dengan detail yang menarik. Dibuat mengikuti lebar dinding, rak dapat dikreasikan dengan berbagai pola, seperti perpaduan antara pola menanjak dan menurun. Kehadiran rak ini dinding jelas dapat menghias dinding dan pola tersebut dapat semakin membuatnya terlihat artistik.
Alternatif bentuk kotak pada rak juga dapat dikreasikan, salah satunya dengan bentuk persegi. Gabungan rak persegi ini akan menimbulkan kesan yang rapat, padat, dan terisi. Terlebih rak ini dipadukan dengan warna putih ruangan, membuatnya terkesan rapi dan simple. Berbagai warna buku dan benda yang diletakkan di rak pun dapat memberi kontras pada warna ruangan keseluruhan.
BIla bentuk kotak persegi tidak menarik bagi Anda, cobalah desain rak dengan ruang yang luas pada setiap bagiannya. Rak dengan bentuk kotak yang luas tersebut dapat memberi kesan luas dan lapang. Rak tersebut juga menyediakan lebih banyak ruang untuk menyimpan. Namun, bila rak ini tidak tersisi kesan kosong dan sepi bisa saja muncul.
sumber : majalah asri