Beberapa penyebab struktur baja roboh adalah
... baca ini sebelumnya Kata konsumenTarif resmi arsitek
... klik untuk konsultasi Formulir Konsultasi

1. Salah desain struktur baja, 
ya.. yang namanya manusia itu tidak luput dari salah, untuk itu perlu ada yang mengoreksi atau mereview desain untuk meminimalisir kesalahan, jika kesalahan itu menyebabkan pemilihan dimensi baja yang lebih kecil dari peruntukan beban maka berpotensi roboh, sebaliknya kesalahan memilih dimensi baja yang lebih besar justru akan membuat kekuatan bangunan berlipat namun boros dari segi biaya.

2. Jarak pasang baut untuk sambungan baja ke beton terlalu rapat,
jika jarak baut terlalu rapat maka struktur beton tidak bisa mencengkeram dengan kuat, panjang baut juga tidak boleh terlalu pendek sehingga sambungan tidak sempurna.Sambungan baut tidak sempurna, hal ini bisa diatasi dengan pengecekan berulang-ulang saat pelaksanaan pemasangan baja, dilanjutkan dengan pemeliharaan untuk memastikan bahwa sambungan selalu dalam kondisi bagus, dan segera menggantinya apabila mengalami korosi atau keropos.

3. Sambungan las kurang lebar dan banyak, 
ini bisa terjadi saat pelaksanaan, misalnya saat sedang asyik-asyiknya mengelas tiba-tiba listrik padam atau kawat las habis, sehingga tukang las memutuskan bahwa apa yang telah dikerjakan sudah kuat tanpa perlu mengelas lagi, nah.. jika sambungan itu tidak kuat maka rawan ambruk.

4. Kelebihan beban bangunan
contohnya bangunan yang tadinya hanya direncanakan untuk kantor dengan beban 250kg/m2 tapi digunakan sebagai tempat parkir mobil dengan beban 600 kg/m2, nah.. kalau begini maka besar kemungkinan akan roboh.

Link terkait :
arsitek kendal
konsultasi

sumber : Bu linda - sipil